Tuesday 10 September 2013

Cara menangkap udang air tawar

Ada beberapa cara untuk menangkap udang, baik udang air tawar maupun udang di laut
di sini saya coba  berbagi sebagian cara dari pengalaman saya saja, cara yang saya dapat selama mengikuti hobi memancing,  di mana udang yang saya tangkap ini  untuk di jadikan sebagai umpan.
    Ada perbedaan cara menangkap udang di air tawar dengan di laut , mengingat   perbedaan dari lokasi habitat   kedua jenis udang tersebut, sehingga membuat perbedaan kebiasaan  dari tempat yang disukai udang tersebut. 
  1. cara menangkap Udang air tawar :
    yang perlu diketahui bahwa udang air tawar  ada beberapa jenisnya, baik yang liar ataupun hasil tambak,  dan disini saya hanya berbagi pengalaman cara menankap udang yang berjenis galah liar kecil,  yang mempunyai ukuran besarnya  tak lebih  dari sebatang rokok bahkan panjangnya hanya setengahnya.
  1.  cara   menangkapnya   udang jenis ini, bisa dari darat atau pun turun ke perairan nya yang dangkal. Dengan berbagai cara salah satunya ialah menggunakan tanggok (yaitu jaring yang dibuat seperti penyedok) . alat ini digunakan dengan cara menyedok  di pinggiran - pinggiran perairan,   udang jenis ini biasanya suka berada   di pinggiran perairan  yang berumput, dan juga perairan yang mempunyai    landasan tanahnya yang berlumpur, baik itu di kolam tanah, empang, sungai ,rawa-rawa dll.
  2.  Dan cara kedua dengan adalah menggunakan  jaring tebar / jala ( jaring yang dianyam melingkar seperti kerucut yang melebar ke bawah dan diberi lingkaran rantai sebagai pemberatnya dan diberi juga tali sebagai alat  untuk pengontrol pegangan dari jaring tersebut ). Untuk menggunakan alat ini adalah dengan cara di lempar kan  ke perairan,  dengan di usahakan melebar dibagian bawahnya, sehingga mampu menjangkau area yang lebih luas.  Dan karena ukuran dari jenis udang  ini yang kecil, maka untuk menggunakannya  sebaiknya dengan mata jaring yang  berukuran mata yang  kecil juga (halus) . Untuk menggunakan alat ini seharusnya dipergunakan di perairan yang bebas / perairan yang aman  dari  sangkutan baik itu sampah , rerumputan liar , tanaman air atau sangkutan sangkutan lainnya., selain  mempermudah pengangkatan jaring dan juga menjaga agar mata jaring tidak rusak terkena sangkutan tersebut.
  3.   cara selanjutnya yang ketiga adalah menggunakan jaring angkat ( yaitu jaring yang dibentuk persegi empat sebagai perangkap , yang di ikat tiap sudutnya dengan tali  memanjang , lalu tali tersebut di satukan / di simpul ke ujung sebuah bambu), untuk  menggunakan alat ini , sebaiknya diberi umpan dahulu ditengah jaring perangkap , agar udang - udang tertarik datang .Dan umpannya itu sendiri bisa menggunakan pelet, nasi yang di campur terasi, atau keong - keong liar, yang suka berada di pinggiran perairan namun harus di hancurkan / di lumat kan  dahulu cangkangnya.  
  4. Cara ke empat adalah menggunakan perangkap dari botol mineral, alat ini biasanya  sering di pergunakan para pemancing ikan di air tawar,  dan udang tersebut dipergunakan sebagai alternatif  umpannya. Cara pembuatannya adalah botol mineral bekas/kosong  dipotong 1/4 bagian atasnya dan di pasang kembai secara terbalik sehingga mulut botol berada di dalam bagian 3/4 sisa tubuh botol dan diberi tali panjang sebagai pengangkat, dengan sistem botol harus  tegak ke atas bila  diangkat, lalu di lubang - lubangi bagian botol tersebut   agak banyak agar nantinya air tidak ikut tertampung saat mengangkat alat ini .  (sebaiknya botol mineral  dipergunakan yang berukuran agak besar namun bisa juga yang berukuran kecil ). Untuk  menggunakan alat ini harus di beri umpan dahulu  ke dalam botol, agar nantinya  udang udang tertarik masuk ke dalam perangkap  botol tersebut, Umpannya pun sama seperti menggunakan umpan dari jaring angkat yaitu pelet, nasi yang di campur terasi ( atau cukup terasi nya saja ) dan juga keong liar yang di hancurkan. dan cara  menggunakannya, botol perangkap tersebut di lemparkan / di taruh ke perairan, di tempat kebiasaan udang tersebut berada. Lalu di tunggu sesaat sebelum diangkat kembali , sampai sekiranya udang sudah terkumpul di dalam botol.
  Mungkin masih banyak lagi cara lainnya untuk menangkap udang air tawar jenis ini. Namun  artikel ini hanyalah sebagian cara yang saya ketahui saja dari pengalaman   selama mengikuti hobi memancing.....
 

untuk  cara menangkap udang  laut dari pengalaman saya , akan  saya  ulas di postingan saya berikutnya...


3 comments: